SEJARAH SEPEDA LOW RIDER

Sepeda Low Rider pertama kali di perkenalkan pada tahun 1960an, sepeda ini pertama kali di perkenalkan oleh The “custom” king George Barris, sebelum menemukan sepeda low rider si Tuan King ini pekerjaanya adalah menceperkan mobil, Memang saat itu virus Mobil Low Rider sedang mewabah di kalangan anak muda Amerika, Tetapi trend itu hanya bisa dirasakan oleh anak-anak muda dari keluarga kaya saja karena untuk membuat sebuah mobil low rider membutuhkan uang yang tidak sedikit, sementara anak-anak dari kalangan bawah hanya bisa melongo.
Melihat situasi seperti itu si King mendapatkan ide dengan mencoba membangun sebuah sepeda yang mengacu pada kesan low rider, untuk eksperimen pertama kali si King menerapkan pada sepedanya. Mulailah si King ini memperkenalkan kreasinya dari situ bisa di tebak banyak anak-anak dari keluarga yang kurang mampu beralih berkreasi membuat sepeda low rider.
Melihat peluang trend sepeda LR yang mulai di gandrungi akhirnya pada tahun 1963 pabrik sepeda SCHWIIN untuk pertama kalinya mengeluarkan model revolusi baru “New Cruiser “ STING RAY, model ini dibuat mengacu pada model motor model dragster yang sedang ngetop pada saat itu.Karena model tersebut nyaman di kendarai begitu juga dengan desainnya yg unik maka model tersebut menjadi booming dan digemari oleh anak-anak muda.
Model Sting Ray
Dikalangan sekelompok anak muda di daerah selatan Los Angeles Chicanos sepeda Low Rider banyak yang telah di modifikasi seperti framenya, fork di buat spring fork trus dikasih tambahan spion dan yang paling extreme adalah frame di buat lebih ceper / pendek lagi, tapi kebanyakan dari mereka adalah memendekannya. Pabrikan sepeda Schwiin juga tidak mau kalah terispirasi kaum latin yang suka blink-blink maka mereka menambahkan lapisan krom pada sepeda buatannya seperti mobil-mobil low rider.
Sepeda klasik tahun 1970-an ala Amerika ini memang jarang dijumpai. Selain stang tinggi dan kerangka sepeda yang rendah, sepeda low rider merupakan barang tua yang jumlahnya sangat terbatas.
Sepeda LR bukan hanya sepeda modifikasi atau yang disebut custom, ada juga sepeda orisinal dari negara Amerika dan Meksiko dengan merek Schwinn, Western Flyer, Giant, Phoenix dan lainnya.Sepeda jenis ini memiliki diameter roda ada yang 20 inci, 24 inci, dan 26 inci.
Perkembangan Low Rider kian pesat seiring dengan ide-ide kreatif anak muda yang menciptakan disain rangka sepeda berbeda dengan yang lainnya. Desain sepeda ini awalnya diilhami oleh model wheelie bikes yang telah muncul sebelumnya. Ciri-ciri yang nampak menonjol dari sepeda low rider ini adalah setangnya yang tinggi dan lebar (apehanger handlebar) atau garpu depannya yang panjang kedepan sampai hampir menyentuh tanah dengan sadel model pisang (banana seat) dengan sandarannya (sissy bar). Framenya biasanya menggunakan model pelangi (rainbow bent frame). Namun kadangkala ada yang ekstrim dengan setang yang tinggi dan fork yang panjang dengan menggunakan per (bent springer fork)….kadangkala menyerupai motor tua.
Ada beberapa aliran yang menggolongkan low rider ini kedalam beberapa jenis yaitu clasic alias original, vegas alias continental dengan cirinya memakai ban serep di bagian belakang seperti vespa. Aliran lain membagi sepeda low rider ini menjadi low rider bicycle, chopper atau stretch dan mountain cruiser.
Jenis sepeda ini sempat tidak diproduksi dalam waktu yg cukup lama di Negara asalnya, Amerika, karena minat pasar menurun. Namun sekarang trend menggunakan sepeda low rider berulang kembali, dan menjadikan sepeda ini di incar banyak orang saat ini.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply