BIAYA MERAKIT LOWRIDER BISA SAMPAI RATUSAN JUTA RUPIA


Ema Nur Arifah – detikBandung
Bandung – Lowrider jenis choper salah satu pajangan yang jadi pusat perhatian di Jabar Expo 2009 Graha Manggala Siliwangi. Wajar saja, keunikan lowrider rakitan Sapto Aji (32), diklaim pemiliknya hanya dia yang punya. Biaya yang dikeluarkan untuk merakitnya pun cukup luar biasa, mencapai Rp 150 juta. Wow..!
Stangnya mengkilat. Sebagian rangkanya bermotif tengkorak yang dibuat dengan semprotan airbrush warna coklat. Lebih unik lagi, ban, belakangnya memakai drag cruiser yang super tebal. Cukup unik memang untuk modifikasi sebuah sepeda.
“Tapi kalau dipakai biasa aja enggak berat,” tutur pria beranak dua ini. Untuk pembuatannya, diakui Aji tidak seperti lowrider lainnya yang mungkin bisa selesai dalam waktu dua minggu atau hitungan hari. Untuk merakit lowrider tersebut dia membutuhkan waktu dua bulan dengan biaya perakitan mencapai Rp 150 juta.
Wow! Ternyata biayanya sangat besar. Sampai-sampai Aji enggan mengungkapkan berapa harga sepedanya tersebut jika ada yang menawar. Tapi tidak semua biaya merakit semahal itu. Menurut Aji dengan Rp 2 juta pun sudah bisa memiliki lowrider.
Empat tahun lalu, Aji meresmikan diri jadi builder atau perakit dan konsultan lowrider. Ketertarikannya dimulai saat membaca majalah yang mengupas tentang lowrider. Pengalaman sebagai modifikator mobil racing membuatnya nggak mengalami banyak kesulitan untuk jadi builder lowrider.
“Enggak beda jauh sama mobil, sama saja. Tapi lebih gampang sepeda,” ujar Aji yang juga mendirikan komunitas R2 Racing Team dan R2 Tema Cruiser Bandung ini. Apalagi kegiatan merakit sepeda khususnya lowrider sudah menjadi hobinya.
Istimewanya, kebanyakan suku cadang dibuat sendiri oleh Aji. “Pembuatannya masih handmade,” papar Aji. Dengan membuat sendiri, Aji lebih leluasa membuat komponen-komponen lowrider yang unik.
Selama empat tahun terakhir ini Aji sudah merakit sekitar 80 sepeda. Lowrider rakitannya juga sudah mengeskpor lowrider rakitannya. “Saya sudah ekspor ke Malaysia, Australia juga Singapura,” ujar Aji.
(ema/ern)

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply